Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall - Siamil Desain

Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall

Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall

Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall















Bismillahirrahmanirrahim,


Alhamdulillah dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin berbagi informasi kepada teman-teman semua mengenai Ekstensi inkscape yakni "Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall" di perangkat kita (laptop atau komputer). 


Sebelum itu mungkin ada yang masih belum tau apa itu Ekstensi / Extension itu?

Kalau boleh saya menjelaskan dalam versi saya sendiri, yakni sebuah alat atau perkakas tambahan (belum ada di aplikasi bawaan) yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengerjakan suatu tugas / project.


Ekstensi-ekstensi tersebut adalah yang sering saya pakai untuk mengerjakan suatu projek dan saya rasa sangat membantu dalam proses pengerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Berikut adalah daftar beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk menemani kita dalam mengerjakan suatu desain, mari simak satu persatu! 


1. Inx-Pathops


Ink-Pathops


Inx-Pathop Adalah sebuah Ekstensi Inkscape yang fungsinya untuk melakukan proses Boolean operation seperti Union, Difference, Intersection, Exclusion, Division, Cut Path, Combine secara bersamaan baik antar 2 object individu maupun banyak object yang ada dalam suatu grup. 

Fitur tersebut, untuk saat ini belum bisa kita dapatkan pada aplikasi bawaan Inkscape. Jadi apabila belum memasang ekstensi Inx-Pathop ini, kita hanya bisa melakukan proses tersebut dengan sangat terbatas yaitu satu persatu. Ini akan sedikit menguras banyak waktu, apalagi jika kita sedang butuh atau dituntut untuk kerja cepat. Misalnya saja ketika sedang dikejar deadline, maka ekstensi Inx-Pathop ini wajib sekali untuk dipasang.

Saya sendiri sering menggunakan Ekstensi Inx-Pathops ini untuk membuat Background Seamless Pattern. Karena sering saya menemui kendala saat mensubmitnya ke situs microstock (Shutterstock) yakni ditolak dengan alasan Clipping Mask, lalu keterangan selanjutnya tertulis "Please edit clipping mask to ensure your EPS file matches its JPG preview image". Setelah saya pelajari lagi dan cek file yang ditolak tersebut ternyata filenya berantakan. Objek itu terlihat keluar dari clip, yang awalnya saya set clip atau saya clipping di dalam kotak. 

Setelah mencari-cari bertanya ke sana kemari, Alhamdulillah selang beberapa waktu kemudian akhirnya bisa bertemu dengan Ekstensi Inx-Pathop ini.

Jadi sekarang tidak perlu repot dan kesusahan dalam membuat karya seamless pattern. Yang awalnya berantakan karena hanya menggunakan set clip, setelah tahu ada ekstensi Inx-Pathop ini, maka object-object yang berada di luar kotak atau artboard, saya potong langsung menggunakan Inx-Pathop - (Intersection) dengan sekali klik saja.
 
Informasi mengenai ekstensi ini awalnya saya dapatkan dari salah satu pegiat opensource, Hervyqa. Nah teman-teman bisa mengunduh mendapatkan informasi lebih lengkap lagi (cara penggunaan maupun pemasangannya) di websitenya beliau di bawah ini,

kalau link diatas tidak bekerja, bisa pakai link ini 
 

2. Inkporter




Inkporter
 adalah sebuah ekstensi yang dikembangkan oleh @raniaamina untuk mengekpor berkas SVG berdasarkan pada pola pada ID Objek. Inkporter ini awalnya hanya dikembangkan untuk pengguna sistem operasi linux, namun sekarang tersedia juga dalam versi Windows yang dikerjakan oleh @RJ95ID. Dan khusus untuk windows, inkporter ini disebut dengan Inkporter-win agar lebih mudah dalam penyebutannya. 

Fitur apa saja yang ada di Inkporter?

Berikut adalah beberapa format export yang tersedia di Inkporter :

- PDF dengan banyak halaman (Booklet) 
- JPEG & Booklet dengan warna CMYK 
- JPEG, PNG, EPS, SVG, PDF dan WEBP 

Inkporter ini dapat di unduh pada tombol bawah ini
Selain dalam versi Ekstensi, Inkporter juga tersedia dalam versi CLI (Command Line Interface).

Baiklah dua itu saja Ekstensi Inkscape yang wajib ada dan penting diinstal menurutku, teman-teman ada rekomendasi ekstensi lain yang menarik dan penting untuk dicoba? kalau ada bisa berkabar di kolom komentar ya. Oke sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan mengenai Beberapa Ekstensi Inkscape yang penting untuk diinstall, semoga bermanfaat.

Terima kasih
Please write your comments