Cara Membuat Warna Gradasi di Inkscape - Siamil Desain

Cara Membuat Warna Gradasi di Inkscape

Cara Membuat Warna Gradasi di Inkscape

Haloo teman – teman gimana kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya, kali ini saya balik lagi untuk berbagi tips dasar inkscape nih yaitu Cara membuat atau menambahkan warna gradasi pada objek di Inkscape tentunya.

Mengapa aku menulis hal yang paling dasar ini, karena kebetulan ada temen yang menanyakan hal ini dan karena isi blog ini juga masih sedikit, nggak ada salahnya untuk menuliskan disini, siapa tau ada yang lagi mencari juga.


Cara Membuat Warna Gradasi di Inkscape


Sebelum saya lanjutkan pada langkah-langkahnya, mungkin bisa kenalan dulu dengan Warna Gradasi ini. 

Menurut kelasdesain.com,

Warna Gradasi merupakan corak warna yang bisa dikembangkan dari dua warna tertentu tanpa merusak ataupun mengubah warna tersebut. 

Jadi kalau menurut pandangan mimin pribadi warna gradasi atau yang biasanya dikenal dengan Gradient ini adalah perpaduan dari dua warna atau lebih yang menghasilkan kombinasi warna yang menarik.


Oke mungkin cukup kenalannya dengan warna gradasinya, jika sudah mari kita praktek cara membuat warna gradasi di software free open source kesayangan kita, Inkscape tentunya.


Langkah – Langkah membuat warna gradasi di Inkscape


1. Pertama – tama buka dulu software Inkscapenya, dalam langkah ini saya akan memberi contoh objek dasar saja ya tapi bebas sih kalau mau bentuk apa saja. Karena disini saya menggunakan bentuk lingkaran, jadi saya memilih Tool Create circles, ellipses and arcs (atau bisa langsung menekan F5 pada keyboard), kemudian gambar dan beri warna misalnya saja warna biru.


Selanjutnya pada bagian Tool Box pilih Create and Edit Gradient (Ctrl + F1). Klik lalu tarik pada objek Lingkarannya. Maka warna lingkaran tersebut akan berubah misalnya saja tadi kan warna biru sekarang berubah menjadi biru terpadukan dengan warna putih. Dan muncul dua titik, nah titik tersebut bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita.





2. Untuk Merubahnya bisa mengklik salah satu titik tersebut. Biasanya secara default ada bagian warna yang transparan, karena tadi warna dasarnya biru, setelah di beri warna gradasi menjadi warna biru kombinasi putih. Nah warna yang putih itu yang transparan jadi harus di atur dulu Alpanya (Opacity) menjadi 255 di bagian Fill and Stroke (Shift+Ctrl+F).

Warna Gradasi di Inkscape


3. Setelah itu baru deh bisa diubah – ubah warnanya sesuai dengan keinginan atau bisa juga merubah macam gradasinya, ada 3 macam pilihan yakni Linear Gradient, Radial Gradient dan Mesh gradient. Kalau saya disini memakai Linear Gradient dengan kombinasi warna biru dan hijau agak kuning, biru dengan pink.



Warna Gradasi di Inkscape


Untuk temen-temen yang mau mencoba warna yang sama seperti di atas bisa mencopy paste komposisi warna hexa RGBAnya, Biru : 4eced3ff , hijau agak kuning : e1f8baff dan pink : f0ccebff.

Tutorial membuat warna gradien atau gradasi di Inkscape versi video bisa dilihat disini


Oke begitu saja langkah-langkah cara membuat warna gradasi di inkscape, Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf dan apabila masih ada yang kurang dimengerti atau ada yang kurang tepat misalnya bisa memberitahukan saya di kolom komentar.


Terima Kasih :)
Please write your comments