Mengenal Menu dan Icon Inkscape - Siamil Desain

Mengenal Menu dan Icon Inkscape

Mengenal Menu dan Icon Inkscape

Pada postingan sebelumnya, Kita telah mengenal sedikit tentang Inkscape. Kali ini akan Saya tulis Apa saja sih menu-menu dan icon yang ada di Inkscape. Agar dapat mempermudah Sobat dalam mempelajari juga dalam mengerjakan suatu desain untuk pertama kalinya.



Menu-Menu Inkscape


Mengenal Menu dan Icon Inkscape


Berikut ini adalah daftar dari menu-menu yang ada inkscape.
  • Menu Bar
  • Command Bar
  • Tool Controls Bar
  • Snap Controls Bar
  • Ruler
  • Scrollbar
  • Lembar Kerja
  • Palette
  • Status Bar
  • Toolbox 

Menu Bar


Menu Bar merupakan area yang berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum. Di Inkscape Kita akan menemui beberapa menu yakni, File, Edit, View, Layer, Object, Path, Text, Filters, Extensions dan Help.

Commands Bar


Comands Bar merupakan sebuah area yang berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut (jalan pintas/cara cepat untuk menjalakan suatu perintah pada Inkscape). Comands Bar terdiri dari ikon

New Document, Open, Save, Print, Import, Export, Undo, Do Again The last Undone Action, Copy, Cut, Paste, Zoom dan lain-lain.

Tool Controls Bar


Tool controls bar merupakan area yang berisi menu untuk mengatur dan memodifikasi objek-objek. Salah satunya adalah menyeleksi semua semua objek atau node-node, rotate, flip objek, resize, lower selection to buttom, one step (Page Down), Raise Selection to top, one step (Page UP) dan lain-lain.

Snap Controls Bar 

Snap Controls bar adalah sebuah area yang memungkinkan kita untuk melakukan Snapping atau melakukan teknik penempatan suatu objek secara tepat dan akurat dengan cara mendekatkan objek ke suatu target tertentu yang sudah dipilih. Misalnya kita ingin menempatkan objek persis di bawah  objek lain, caranya cukup mendekatkan objek ketarget yang diinginkan, maka otomatis objek akan menempatkan dirinya ke target tersebut

Ruller

Ruller, sesuai namanya (penggaris) yaitu sebuah area yang berfungsi untuk melihat dan mengira-ngira ukuran, juga dapat digunakan sebagai garis bantu dalam mengerjakan suatu karya atau projek. Caranya dengan menarik area Ruller dari sisi samping maupun atas ke area lembar kerja yang diinginkan.


dan masih banyak sekali menu dan tools yang ada di aplikasi inkscape ini, karena saya tidak bisa menjelaskan detailnya. Ini postingan tahun 2017 dan sampai sekarang saya edit di tahun 2020 (terbengkalai cukup lama) saya berpikir untuk memberikan ebooknya saja kali ya, biar sekalian lengkap.


Ebook Inkscape ini ditulis oleh Pak Sokhibi,  Nama judulnya "Desain Grafis dengan Inkscape" dan Sobat bisa mendownloadnya pada blognya beliau di 


Oke, akhir kata semoga informasi ini bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan / apabila ada kesalahan bisa disampaikan pada kolom komentar. Terima kasih.







Please write your comments