Tips Cara Menggunakan Set Clip & Release Clip pada Inkscape - Siamil Desain

Tips Cara Menggunakan Set Clip & Release Clip pada Inkscape

Tips Cara Menggunakan Set Clip & Release Clip pada Inkscape

Halo teman-teman, lama sekali tak bersua sudah seperti ruang berdebu aja blog ini, belum ku isi selama bertahun-tahun, cukup kuat juga ya ninggalinnya :(. Tapi karena rasa rinduku ini tidak pernah padam #eh akhirnya aku kesini lagi. Tentunya untuk membagikan Tips Tentang Inkscape yakni apa dan fungsi dari Set Clip & Release Clip dan cara penggunaanya.

Set Clip 



Tips Cara Menggunakan Set Clip & Release Clip pada Inkscape


Set Clip ini fungsinya untuk memasukkan berbagai objek kedalam bentuk objek tertentu tanpa perlu memotong objek yang asli. Seperti menyembunyikan objek yang tidak dikehendaki atau hanya menampilkan area objek yang dikehendaki saja.

Hmmm seperti apa itu ?
Oke tidak perlu lama-lama langsung saja kita praktek biar lebih mudah dimengerti (mudah-mudahan saja :D )

1. Langkah awal, siapkan object atau desain yang ingin dimasukkan pada objek tertentu. Misalnya seperti pada contoh di bawah sebuah objek isometric bangunan ingin saya masukkan kedalam bentuk lingkaran.



2. Tempatkan pada posisi objek lingkaran di bawahnya objek bangunan. Atur posisinya sampai terlihat sesuai dengan keinginan. Kemudian pilih objek lingkaran – klik kanan – pilih Duplicate (atau bisa menekan Ctrl+D pada keyboard).



Agar lebih mudah melihat objek dibawahnya bisa kita bikin transparant objek lingkaran atasnya. Dibagian Fill Properties (Shift+Ctrl+F) kurangi nilai Alpa (Opacity nya) sampai terlihat objek bangunannya.


3. Langkah selanjutnya, pilih objek bangunan & objek lingkaran hasil duplicate (transparan) tadi, Klik Kanan – pilih Set Clip. Nah seperti yang terlihat objek bangunannya sudah masuk ke dalam objek lingkarannya.

Tips Cara Menggunakan Set Clip & Release Clip pada Inkscape



Seperti itu saja langkah-langkahnya, cepat dan mudah.


Release Clip



Nah kalau Release Clip ini fungsinya untuk mengembalikan perintah dari Set Clip. Kalau Set Clip ini untuk memasukkan objek ke dalam objek tertentu, maka Release Clip ini untuk mengeluarkan kembali objeknya.

Cara penggunaan Release Clip ini bagaimana?

Caranya cukup mudah, Pilih Objek yang sudah di set clip tadi lalu Klik Kanan – Pilih Release Clip. Maka Objek yang ada didalam clip tersebut akan keluar sepeti semula.

Oke begitu saja Tips Inkscape tentang cara penggunaan Set Clip & Release Clipnya, Semoga Tutorial atau tips ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan dan jika berkenan bisa memberitahukan saya di kolom komentar.


Terima kasih :)
Please write your comments